Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar Biostatistika

  • Syaidatussalihah Syaidatussalihah Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Faiqotul Mala Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Reny Amalia Permata Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Helmina Andriani Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Jihadil Qudsi Politeknik Medica Farma Husada Mataram
Keywords: Kedisiplinan, Hasil Belajar, Konsep Dasar Biostatistika, Uji Chi Square

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah konsep dasar Biostatistika. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif dengan desain expost-facto. Subjek penelitian terdiri dari 60 mahasiswa Prodi DIII RMIK di Politeknik Medica Farma Husada Mataram. Data dikumpulkan melalui melalui angket dan tes. Berdasarkan tabulasi silang, mahasiswa yang memiliki kedisiplinan yang baik sebanyak 35 orang (58%), dengan rincian mahasiswa dengan hasil belajar yang baik berjumlah 19 orang (54%), sementara mahasiswa yang memiliki hasil belajar buruk berjumlah 16 orang (46%). Selanjutnya, dari Tabel 2 mahasiswa dengan kedisiplinan yang tidak baik berjumlah 25 orang (42%), dengan rincian mahasiswa dengan belajar yang tidak baik berjumlah 19 orang (76%), sementara mahasiswa dengan hasil belajar baik berjumlah 6 orang (24%). Analisis data dilakukan menggunakan teknik uji chi square. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai X2 hitung lebih besar daripada X2 tabel, yaitu 5,503 > 3,841, yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan dan hasil belajar dalam mata kuliah Konsep Dasar Biostatistika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh gaya mengajar guru, disiplin belajar, dan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Negara, I. C., & Prabowo, A. (2018, September). Penggunaan uji chi–square untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan umur terhadap pengetahuan Penasun mengenai hiv–aids di provinsi dki jakarta. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya (Vol. 3).

Riski, P. P. (2022). Hubungan Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Iv Di Sd Negeri 6 Penengahan Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Suciyati, S., & Mukhlishina, I. (2022). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungdari 1 Kota Malang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 110-118. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27471

Tandaju, F. J. I., Paat, M., & Harahap, F. (2023). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMPASO. SOSCIED, 6(2), 321-330. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.692

Tanjung, Y. T., & Hasibuan, S. A. (2024). PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DAARUL ISTIQLAL. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4911-4916. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27471

Widi, E. N. N., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan siswa-siswi SMA ditinjau dari perilaku shalat wajib lima waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135-150.

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Zainun Yatin, B., Gayatri, M. R., Wardhana, I. G. A. W., & Prayanti, B. D. (2023). Indeks Hyper-Wiener Dan Indeks Padmakar-Ivan Dari Graf Koprima Dari Grup Dihedral. Jurnal Riset Dan Aplikasi Matematika, 07(02), 138–147. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jram.v7n2.p138-147

Published
2024-07-24
How to Cite
Syaidatussalihah, S., Mala, F., Permata, R. A., Andriani, H., & Qudsi, J. (2024). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar Biostatistika. JSN : Jurnal Sains Natural, 2(3), 93-98. https://doi.org/10.35746/jsn.v2i3.568
Section
Articles