Penggunaan E-Commerce sebagai Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam Pemasaran Kerajinan Bambu di Desa Gunung Sari Lombok Barat

  • Suriyati Suriyati Universitas Bumigora
  • Phyta Rahima Universitas Bumigora
  • Ria Rismayati Universitas Bumigora Mataram
Keywords: e-commerce, Lazada, platform

Abstract

Saat ini perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didukung dengan perkembagnan teknologi. Adanya revolusi industry 4.0 memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia usaha. Banyaknya Platform yang digunakan dalam pengembangan usaha yang berdasarkan pada keinginan Wirausaha untuk mengembangkan bisnisnya secara lebih luas sangat diminati oleh para UMKM, sehingga tim pengabdian mencoba menajadi perantara bagi UMKM tersebut. Pelatihan e-Commerce pada industry rumah tangga memberikan manfaat pada pelaku UMKM di Desa Gunung Sari Lombok Barat (Sasak Bambo). Tujuannya adalah untuk memperluas dan mengembangkan usaha yang dijalani agar berkembang menjadi lebih basar hingga ke ranah Global. Dengan adaanya Website e-Commerce ini maka pelaku UMKM bisa lebih memfokuskan kegiatan pemasaran secara jauh lebih luas dengan konsumen yang beragam dan tentunya dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian terutama di daerah Desa, sehingga menjadi peluang bagi desa-desa lainnya untuk dapat bersaing di kancah nasional maupun dikancah internasional. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan tutorial penggunaan e-commerce Lazada khusunya bagi mitra pengabdian. Alur yang dibuat oleh UMKM yaitu dimulai dari proses pembuatan akun pemesanan, proses penjualan dan stok barang dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, sehingga dapat membantu memonitoring usaha dan juga tentunya dapat meningkatkan omset penjualan bagi pelaku usaha.

References

Ardiyanto, A.V. (2016) Penerapan Fuzzy Database Model Tahani dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Sew. Universitas Sanata Dharma.

Bahrial, D.A. (2021) ‘Kerajinan Anyaman Bambu Di Desa Loyok, Sikur, Lombok Timur’, Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 10(3), pp. 147–154. doi:10.23887/jjpsp.v10i3.32691.

Irmawati, D. (2011) ‘Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI, November 2011’, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 4(November), pp. 113–121.

Lesmana, I.P.D., Widiawan, B. and Hartadi, D.R. (2018) ‘Pengembangan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Antirogo Jember Melalui Media Internet’, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), pp. 17–24.

Ningrum, A.A., Ansari, R. and Suryana, Y. (2023) ‘Pengenalan Teknik SEO Dalam Upaya Meningkatkan Pemasaran Toko Online Pada Pengrajin Kain Sasirangan ( Introduction The SEO Techiques To Improve Online Store Marketing At Sasirangan Fabric Artisan )’, 1(2), pp. 69–74.

Pohan, M., Novien Rialdy and Ami Kumala Sari (2023) ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kerajinan Anyaman Bambu Dalam Menambah Pendapatan Ekonomi Masyarakat Desa Bandar Baru’, Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 470–476. doi:10.56799/joongki.v2i3.1689.

Prastyoko, F., Fanani, D. and Mawardi, M. (2016) ‘Strategi Pemasaran Kerajinan Gerabah Yang Berorientasi Ekspor Pada Pt. Lombok Putri Cinderamata’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 30(1), pp. 44–50.

Rismayati, R. and Rahima, P. (2022) ‘Pemanfaatan Tokoko.id Dalam Memasarkan Produk Handcraft’, Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 120–127. doi:10.35746/bakwan.v2i2.283.

Sari, R.J. (2021) ‘PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS LAZADA TERHADAP’, 10(10), pp. 897–910.

Sriagustini, I. and Supriyani, T. (2021) ‘A Analisis Bahaya pada Pengrajin Anyaman Bambu’, Faletehan Health Journal, 8(03), pp. 223–230. doi:10.33746/fhj.v8i03.239.

Yusnanto, T., Arifah, F.N. and Wahyudiono, S. (2021) ‘SEO Untuk Meningkatkan Potensi Wisata Di Desa Ngargoretno’, Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), pp. 49–54. doi:10.34148/komatika.v1i2.433.

Yusuf, M. (2023) ‘Kerajinan Bambu Gunung Sari Menarik Pembeli dari dalam Negeri dan Luar Negeri’, Radio Republik Indonesia. Available at: https://www.rri.co.id/umkm/383898/kerajinan-bambu-gunung-sari-menarik-pembeli-dari-dalam-negeri-dan-luar-negeri.

Published
2023-12-07
How to Cite
Suriyati, S., Rahima, P., & Rismayati, R. (2023). Penggunaan E-Commerce sebagai Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam Pemasaran Kerajinan Bambu di Desa Gunung Sari Lombok Barat. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 74-79. https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i2.427
Section
Articles