Strategi Membangun Kemampuan Computational Thinking Bagi Guru Negeri Sekolah Dasar Gugus 01 dan 02 Mataram

  • Ria Rismayati Universitas Bumigora
  • Kartarina Kartarina Universitas Bumigora
  • Ismarmiaty Ismarmiaty Universitas Bumigora
  • Diah Supatmiwati Universitas Bumigora
  • Wahyu Kamil Syarifaturrahman Universitas Bumigora
Keywords: kemampuan, Computational Thinking, Guru Sekolah Dasar, Soal

Abstract

Computational Thinking (CT) sebagai salah satu teknik penyelesaian masalah yang melatih otak agar terbiasa berpikir secara terstruktur, kritis, dan logis yang mempu menghasilkan solusi dari sebuah rancangan penyelesaian sebuah permasalahan. Teknik ini didukung dengan adanya kurikulum Framework untuk mengarahkan siswa-siswi agar mampu terlibat secara kritis dalam isu-isu ilmu computer sekaligus sebagai pencipta yang melek komputasi. Berdasarkan pentingya CT ini, tim pengabdian pengabdian Bumigora melaksanakan pelayanan kepada guru atau pendidik di Gugus 01 dan Gugus 02 Mataram untuk memberikan pelatihan kepada para pendidik dalam menerapkan pembelajaran CT yang ditambahkan dalam kurikulum dan diimplementasikan di sekolah masing-masing. Pelatihan yang didampingi oleh tim pengabdian berupa pendampingan pembuatan soal berbasis CT pada level sekolah dasar. Adapun metode yang dilakukan adalah tahapan perencanaan, persiapan, penyampaian materi, dan evaluasi.  Pada tahapan akhir yaitu tahapan evaluasi diperoleh penilaian diatas 40% terkait point-point dalam pendampingan kegiatan pengabdian tim Bumigora oleh peserta pelatihan dan workshop CT. Saran yang diperoleh dalam pengabdian ini agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala kepada tenaga pendidik atau guru pada sekolah dasar, sehingga dapat terlihat perkembangan dan kemajuant para pendidik. Hasil dari pendampingan tersebut akan menghasilkan contoh soal bermuatan CT pada level Sekolah Dasar yang beragam, sehingga dapat dimanfaatkan oleh pendidik lainnya dalam rangka pelaksanaan kurikulum Framework.

References

Arifanti, N.A. (2023) Implementasi Computational Thinking di Sekolah Dasar, Kejarcita. Available at: https://blog.kejarcita.id/implementasi-computational-thinking-di-sekolah-dasar/ (Accessed: 4 November 2023).

CSTA (2016) K-12 Computer Science Framework. Available at: https://dl.acm.org/doi/book/10.1145/3079760.

Ismarmiaty et al. (2022) ‘Penguatan kemampuan computational thinking pada pemberdayaan guru dan siswa Sekolah Dasar di Pulau Lombok’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), pp. 253–267. doi:10.20414/transformasi.v18i2.5034.

Maharani, S. et al. (2020) ‘Computational Thinking : Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 975–984. doi:10.31004/obsesi.v5i1.769.

Mas, F. et al. (2023) ‘Implementasi Pembelajaran Bermuatan Computational Thinking Pada Materi “Kegunaan Uang” Kelas III Sekolah Dasar’, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(1), pp. 75–84. doi:10.30596/jppp.v4i1.14697.

Pertiwi, A. and Pertiwi, A. (2020) ‘Konsep Informatika Dan Computational Thinking Di Dalam Kurikulum Sekolah Dasar, Menengah, Dan Atas’, Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), p. 146. doi:10.33633/ja.v3i3.53.

Sriwinarti, N.K. et al. (2022) ‘Pendampingan Proses Pembuatan Soal Berbasis Computational Thinking kepada Guru pada Guru-Guru Tingkat SD dan SMP Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur’, ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), pp. 209–220. doi:10.30812/adma.v2i2.1568.

Susilowati, D. (2023) ‘PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING ( CT )’.

Yestiani, D.K. and Zahwa, N. (2020) ‘Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar’, Fondatia, 4(1), pp. 41–47. doi:10.36088/fondatia.v4i1.515.

Published
2024-05-21
How to Cite
Rismayati, R., Kartarina, K., Ismarmiaty, I., Supatmiwati, D., & Syarifaturrahman, W. K. (2024). Strategi Membangun Kemampuan Computational Thinking Bagi Guru Negeri Sekolah Dasar Gugus 01 dan 02 Mataram. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 11-17. https://doi.org/10.35746/bakwan.v4i1.499
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)