Pelatihan Mengubah Hasil Penelitian Menjadi Buku Monograf Melalui Whatshaap Group
Abstract
Terbatasnya kemampuan dan keahlian dosen dalam menulis buku serta konten pengetahuan. Salah satu rendahnya minat menulis dosen adalah kurangnya sosialisasi budaya menulis buku monograf dikalangan dosen. Dengan adanya sosialisasi maka menulis buku menjadi budaya dikalangan akademisi. Subjek dalam pengabdian ini adalah dosen pemula dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang berjumlah 766 orang yang terbagi menjadi empat group whatsapp. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode diskusi, dan praktik. Pelatihan ini menghasilkan beberapa buku monograf yang sedang dalam proses penerbitan dari para peserta, yaitu: (1) buku monograf pembelajaran kimia, (2) buku monograf strategi penguatan kapabilitas ekonomi kreatif di era digital, (3) buku monograf strategi tingkatkan kinerja industri kreatif, (5) buku monograf teori dasar epidemiologi penyakit tidak menular, (6) buku kapita selekta, (7) buku monograf kebijakan publik dan isu-isu strategis pada masa pandemi covid-19, (8) buku monograf kewirausahaan. Respon atau testimoni peserta mengenai kebermanfaatan kegiatan pelatihan yang diikuti dengan rata-rata menyatakan group menulis buku monograf yang diikuti sangat bermanfaat.
References
Deepublish, A. (2019). Menguasai Fungsi Menulis Buku Monograf, deepublish. https://penerbitdeepublish.com/fungsi-menulis-buku-monograf/
Dunia Dosen, A. (2020). Ini Perbedaan Buku Monograf dan Buku Referensi, DuniaDosen.com. https://www.duniadosen.com/ini-perbedaan-buku-monograf-dan-buku-referensi/
Elisa, & Intan, N. (2019). Cerdas Menulis Buku Referensi. Deepublish Publisher.
Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. SOROT, 10(2), 155–168. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.155-168
Haerazi, H., Irawan, L. A., Rahman, A., Jupri, J., & Warta, I. K. (2020). Publikasi Ilmiah untuk Akselerasi Kenaikan Pangkat Guru Bahasa Inggris SMP Negeri Se-Lombok Tengah. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(1), 33. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i1.191.
Mardiani, D. (2013). Ini Penyebab Rendahnya Minat Menulis Buku, Republika.co.id. https://www.republika.co.id/berita/myexmm/ini-penyebab-rendahnya-minat-menulis-buku
Ristekdikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dan Dikti.
Rizka, M. A., Primawati, S. N., & Mursali, S. (2016). IbM Pelatihan Pembuatan “Kerja Mas” (Keripik Jagung Manis) Berbasis Agropreneur. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.33394/jk.v2i2.456
Samani, M. & Hariyanto. (2013). Pendidikan karakter konsep dan model. PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.
WhatsApp. (2020). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=WhatsApp&oldid=1820149
Copyright (c) 2022 Pahriah Pahriah, Baiq Rina Amalia Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.