PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 PROFESSIONAL BAGI MAHASISWA CALON GURU KIMIA
Abstract
Rata-rata mahasiswa di Universitas Pendidikan Undikma (UNDIKMA) khususnya mahasiswa program studi pendidikan kimia mempunyai perangkat komputer berupa laptop yang cukup memadai, sayangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru kimia dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif menggunakan Adobe Flash CS5 Profesional masih sangat kurang. Kendala utamanya adalah pengetahuan, kemampuan, dan penguasaan terhadap Adobe Flash CS5 Profesional tersebut. Untuk itu, penanganan terhadap permasalahan di atas dibuat kerangka pemecahan masalah seperti yang terlihat pada. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah: (1) agar mahasiswa calon guru kimia di UNDIKMA menjadi terampil dalam pembuatan media pembelajaran LKS Interaktif menggunakan Adobe Flash CS5; (2) mensosialisasikan perangkat lunak Adobe Flash CS5. Hasil pengabdian ini meliputi: (a) pelatihan ini memberikan beberapa materi yang terkait dengan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pemberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan Program Adobe Flash CS5 Professional untuk membuat media pembelajaran interaktif yang atraktif dan interaktif; (b) materi yang disajikan dapat diterima, dicerna, dan dipahami mahasiswa; (c) kegiatan berlangsung lancar, tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan.
References
Finkelstein, E., Leete, G & Leete, M. (2010). Flash Proffesional CS5 & FlashCatalyst For Dummies CS5. Wiley Publishing: Canada.
Indrayani, P. (2013). Analisis pemahaman makroskopik, mikroskopik, dan simbolik titrasi asam-basa siswa kelas XI IPA SMA serta upaya perbaikannya dengan pendekatan mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109-120.
Izham, D. (2012). Cara Cepat Belajar Adobe Flash. Jakarta: Komunitas eLearning IlmuKomputer. Com.
Pahriah. (2015). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing dipadu dengan Diagram Alir terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 59-70.
Copyright (c) 2022 pahriah undikma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writing in this journal is the sole responsibility of the author. Bakti Sekawan provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. Bakti Sekawan can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license.
Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License