PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 PROFESSIONAL BAGI MAHASISWA CALON GURU KIMIA

  • Suryati Suryati Universitas Pendidikan Mandalika
  • Pahriah Pahriah Universitas Pendidikan Mandalika
  • Husnul Hatimah Universitas Pendidikan Mandalika
  • Dahlia Rosma Indah Universitas Pendidikan Mandalika
  • Hulyadi Hulyadi Universitas Pendidikan Mandalika
Keywords: Pelatihan, Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5.

Abstract

Rata-rata mahasiswa di Universitas Pendidikan Undikma (UNDIKMA) khususnya mahasiswa program studi pendidikan kimia mempunyai perangkat komputer berupa laptop yang cukup memadai, sayangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru kimia dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif menggunakan Adobe Flash CS5 Profesional masih sangat kurang. Kendala utamanya adalah pengetahuan, kemampuan, dan penguasaan terhadap Adobe Flash CS5 Profesional tersebut. Untuk itu, penanganan terhadap permasalahan di atas dibuat kerangka pemecahan masalah seperti yang terlihat pada. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah: (1) agar mahasiswa calon guru kimia di UNDIKMA menjadi terampil dalam pembuatan media pembelajaran LKS Interaktif menggunakan  Adobe Flash CS5; (2) mensosialisasikan  perangkat lunak Adobe Flash CS5. Hasil pengabdian ini meliputi: (a) pelatihan ini memberikan beberapa materi yang terkait dengan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pemberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan Program Adobe Flash CS5 Professional untuk membuat media pembelajaran interaktif yang atraktif dan interaktif; (b) materi yang disajikan dapat diterima, dicerna, dan dipahami mahasiswa; (c) kegiatan berlangsung lancar, tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan.

References

Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., & Mocerino, M. (2007). The development of a two-tier multiple-choice diagnostic instrument for evaluating secondary school students’ ability to describe and explain chemical reactions using multiple levels of representation. Chemistry Education Research and Practice, 8(3), 293-307.
Finkelstein, E., Leete, G & Leete, M. (2010). Flash Proffesional CS5 & FlashCatalyst For Dummies CS5. Wiley Publishing: Canada.
Indrayani, P. (2013). Analisis pemahaman makroskopik, mikroskopik, dan simbolik titrasi asam-basa siswa kelas XI IPA SMA serta upaya perbaikannya dengan pendekatan mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109-120.
Izham, D. (2012). Cara Cepat Belajar Adobe Flash. Jakarta: Komunitas eLearning IlmuKomputer. Com.
Pahriah. (2015). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing dipadu dengan Diagram Alir terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 59-70.
Published
2022-06-12
How to Cite
Suryati, S., Pahriah, P., Hatimah, H., Rosma Indah, D., & Hulyadi, H. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 PROFESSIONAL BAGI MAHASISWA CALON GURU KIMIA. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 12-15. https://doi.org/10.35746/bakwan.v0i0.202
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)