Deteksi Cemaran Escherichia coli Pada Makanan Di Daerah Wisata

  • Eti Kurniati Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Edy Kurniawan Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Roushandy Asri Fardani Politeknik Medica Farma Husada Mataram
Keywords: Cemaran Bakteri, Escherichia Coli, Makanan

Abstract

Foodborne diseases adalah penyakit yang ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi dan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Bakteri yang biasa mencemari makanan adalah Escherichia coli. Kontaminasi E. coli pada makanan dapat mempengaruhi kesehatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya cemaran E Coli serta faktor – faktor yang mempengaruhi Pada Makanan Di Daerah Wisata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Observasional Deskriptif dengan desain cross sectional. Hasil positif pada uji pendugaan menyatakan bahwa isolat bakteri termasuk ke dalam kelompok bakteri coliform fecal. Hasil negatif pada uji Konfirmasi menyatakan bahwa tidak adanya jenis  bakteri Eschericia coli, dan uji Indol terdapat bakteri Plesiomonas shigelloide, Vibriocholera, dan Aeromonas hydrophila. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Dari lima (5) jenis makanan yang diambil didaerah wisatapositif tercemar bakteri total coliform yang terdiri dari bakteri Plesiomonas shigelloide, Vibriocholera, dan Aeromonas hydrophila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPOM RI. (2020). Badan pengawas obat dan makanan republik indonesia. Bpom Ri, 11, 1–16.

Fardiaz, S. (1992). Mikrobiologi Pangan. Gramedia Pustaka Utama.

Gruber, J. S., Ercumen, A., & Colford, J. M. (2014). Coliform bacteria as indicators of diarrheal risk in household drinking water: Systematic review and meta-analysis. PLoS ONE, 9(9). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0107429

Kurniadi, Y., Saam, Z., & Afandi, D. (2013). FAKTOR KONTAMINASI BAKTERI E. coli PADA MAKANAN JAJANAN DILINGKUNGAN KANTIN SEKOLAH DASARWILAYAH KECAMATAN BANGKINANG. Program Studi Ilmu Lingkungan PPS Universitas Riau, 7(1), 29.

Ni Luh Putu Manik Widiyanti, & Ni Putu Ristiati. (2004). Analisis Kualitatif Bakteri Koliform Pada air minum isi ulang (pp. 68–69).

Puspitasari, R. L., Elfidasari, D., Sasaerila, Y., Qoyyimah, F. D., & Fatkhurokhim, F. (2018). Deteksi Bakteri Pencemar Lingkungan (Coliform) Pada Ikan Sapu-Sapu Asal Sungai Ciliwung. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 4(1), 24. https://doi.org/10.36722/sst.v4i1.244

Wawoh, G. V., Joseph, W. B. S., & Umboh, J. M. L. (2017). Gambaran Pengetahuan dan Praktik Pedagang Penjual Makanan Tentang Higiene dan Sanitasi Makanan Jajanan Di Pasar Kuliner Kota Tomohon Tahun 2017. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 31, 1–9.

Wisnu Cahyadi. (2008). Analisis dan aspek kesehatan bahan tambahan pangan / Wisnu Cahyadi ; editor: Rini Rachmatika. Jakarta : Bumi Aksara.

Published
2024-05-24
How to Cite
Kurniati, E., Kurniawan, E., & Fardani, R. A. (2024). Deteksi Cemaran Escherichia coli Pada Makanan Di Daerah Wisata. JSN : Jurnal Sains Natural, 2(2), 35-39. https://doi.org/10.35746/jsn.v2i2.525
Section
Articles