Pelatihan Seni Baca Puisi Bagi Siswa SDN 4 Sakra Lombok Timur

  • Lalu Purnama Zulkarnaen Program Studi Seni Rupa, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Sri Sukarni Program Studi Seni Rupa, Universitas Pendidikan Mandalika
Keywords: puisi, pelatihan membaca, siswa

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 4 Sakra Lombok Timur memiliki beberapa materi tentang membaca puisi.. Berdasarkan hasil observasi selama di SDN 4 Sakra Lombok Timur materi praktik baca puisi kurang efektif dilaksanakan. Dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan disekolah tersebut banyak kenadala yang dihadapi ketika berhadapan dengan seni membaca puisi sehingga pelatihan membaca puisi perlu dilakukan dengan tujuan mengimbangi ketidak efektifan materi praktik serta meningkatkan rasa cinta siswa terhdap dunia sastra khususnya dalam seni membaca puisi sehingga guru dan siswa memeliki keterampilan memebaca puisi yang memadai. Adapun metode yang dilakukan adalah observasi, ceramah, pemodelan, latihan terbimbing, performansi, dan diskusi tentang hasil pembacaan. Pelatihan baca puisi ini menghasilkan peserta yang mampu membaca puisi dengan baik yakni sesuai dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

References

Aminuddin. (2002). Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.Mulyana, Yoyo, & Dkk. (1997). Sanggar Sastra Pelatihan Baca Puisi bagi Anak-anak di Taman Baca Kelurahan Melai Kecamatan Murhum Kota-

Maryam Nurlaila, Nazriani, Arsad, Wa Ode Hasmawati R DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i2.568Jakarta: Depdikbud.

Nadeak, W. (1983). Bagaimana menjadi penulis yang sukses / dipilih dan diterjemahkan oleh Wilson Nadeak. Sinar Baru.

Azriani, & Ruslan. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas VI SDN 1 Kota Bubau. Jurnal PKM Membangun Negeri,2(1), 64–67.

Rahmanto. (2000). Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius.

Rusyana, & Rus. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang.

Sudjana, N., & Rivia, A. (2011). Media Pengajaran (Vol. 1–Cet. 2). Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono, Siti Rohmah Nurhayati, & Harahap, F. (2007). Psikologi Pendidikan (1st ed.). UNYPress.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa

Published
2024-12-11
How to Cite
Zulkarnaen, L. P., & Sukarni, S. (2024). Pelatihan Seni Baca Puisi Bagi Siswa SDN 4 Sakra Lombok Timur. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 50-53. https://doi.org/10.35746/bakwan.v4i2.633
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)