Pelatihan Seni Baca Puisi Bagi Siswa SDN 4 Sakra Lombok Timur
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 4 Sakra Lombok Timur memiliki beberapa materi tentang membaca puisi.. Berdasarkan hasil observasi selama di SDN 4 Sakra Lombok Timur materi praktik baca puisi kurang efektif dilaksanakan. Dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan disekolah tersebut banyak kenadala yang dihadapi ketika berhadapan dengan seni membaca puisi sehingga pelatihan membaca puisi perlu dilakukan dengan tujuan mengimbangi ketidak efektifan materi praktik serta meningkatkan rasa cinta siswa terhdap dunia sastra khususnya dalam seni membaca puisi sehingga guru dan siswa memeliki keterampilan memebaca puisi yang memadai. Adapun metode yang dilakukan adalah observasi, ceramah, pemodelan, latihan terbimbing, performansi, dan diskusi tentang hasil pembacaan. Pelatihan baca puisi ini menghasilkan peserta yang mampu membaca puisi dengan baik yakni sesuai dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
References
Aminuddin. (2002). Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.Mulyana, Yoyo, & Dkk. (1997). Sanggar Sastra Pelatihan Baca Puisi bagi Anak-anak di Taman Baca Kelurahan Melai Kecamatan Murhum Kota-
Maryam Nurlaila, Nazriani, Arsad, Wa Ode Hasmawati R DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i2.568Jakarta: Depdikbud.
Nadeak, W. (1983). Bagaimana menjadi penulis yang sukses / dipilih dan diterjemahkan oleh Wilson Nadeak. Sinar Baru.
Azriani, & Ruslan. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas VI SDN 1 Kota Bubau. Jurnal PKM Membangun Negeri,2(1), 64–67.
Rahmanto. (2000). Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius.
Rusyana, & Rus. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang.
Sudjana, N., & Rivia, A. (2011). Media Pengajaran (Vol. 1–Cet. 2). Sinar Baru Algesindo.
Sugihartono, Siti Rohmah Nurhayati, & Harahap, F. (2007). Psikologi Pendidikan (1st ed.). UNYPress.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa
Copyright (c) 2024 Lalu Purnama Zulkarnaen, Sri Sukarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.