Pelatihan Seni Grafis Bagi Remaja Desa Jati Sesela Lombok Barat dalam Mendukung Program Kewirausahan

  • Pyo Apriliana Munawarah Program Studi Seni Rupa, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Baiq Herdina Septika Program Studi Manjemen, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Tri Setianingsih Program Studi Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Mandalika
  • I Made Permadi Utama Program Studi Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Lalu Purnama Zulkarnaen Program studi Seni Rupa, Universitas Pendidikan Mandalika
Keywords: Seni Kriya, Ragam Hias, Topeng Kayu, Pelestarian Budaya, Pendidikan Formal, Workshop, Generasi Muda, Desa Labuapi, MTs Negeri 1 Mataram

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Ini Dilaksanakan Untuk Memberikan Kontribusi Bekal Life Skill Kepada Peserta Didik Menjadi Lebih Siap Mandiri Serta Menjadi Insan Yang Produktif. Kegiatan Ini dalam bentuk pelaksanaan Program Pelatihan Seni Grafis Bagi Remaja Desa Jati Sesela Lombok Barat dalam mendukung Program Kewirausahaan. Mitra dalam kegiatan ini adalah Remaja Desa Jati Sesela Lombok Barat yang berjumlah 20 Orang. Pelatihan yang diberikan oleh Tim PKM adalah seni grafis dalam bentuk  Cendramata. Pada pelatihan cukil  peserta diberikan  gambar-gambar ciri  khas bentuk dan ornamen Lombok seperti motif cicak, cidomo/dokar, presean gendang belek dan sketsa sirkuit mandalika dan arsitektur lumbung akan di cetak di media tas kanvas/totobag. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan peserta didik hingga 100% terkait kemampuan menggunakan aplikasi Corel Draw Dalam membuat desain seni grais dan desain gantungan kunci dan pin. para peserta juga bisa mengoperasikan mesin press untuk mencetak gantungan kunci dan pin, selain itu peserta didik mampu menghasilkan karya yang berupa gantungan kunci dan pin. Hasil cendramata tersebut dapat dimiliki oleh peserta pelatihan seni grafis sebagai kenang-kenangan dalam mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan  ini  diharapkan  dapat  membantu  peserta  didik  untuk menjadi lebih siap mandiri serta menjadi insan yang produktif. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap evaluasi. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini berupa produk dan karya ilmiah yang akan di publikasi ke dalam jurnal ilmiah sehingga tidak hanya pelaksana pengabdian masyarakat yang dapat memanfaatkan hasil tersebut melainkan masyarakat lainnya.

References

Bustami, dkk (2007). Mari Membangun Usaha Mandiri. Graha Ilmu Yogyakarta.

Buku Panduan LITABMAS UNDIKMA 2023 Departemen Agama RI. (2005).

Budiwierman, Seni, Seni Grafis dan Aplikasinya dalam Paendidikan UNP Press Bandung, 2012 Penjualan, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Pedoman Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dalam Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah.Jakarta, Dirjen kelembagaan Agama Islam.

Kristanto, Heru. (2009). Kewirausahaan (Entrepreneurship): Pendekatan Manajemen dan Praktik. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sumarsono, Sonny. (2010). Kewirausahaan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tanama Andre AC, Cap Jempol Seni Grafis dari Nol, Yogyakarta SAE Pustaka, 2000

Thomas W. zimmerer dan Norman.Scarbrough. (2005). Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Erlangga, Jakarta.

Sumarsono, Sonny. (2010). Kewirausahaan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sanyoto, Sajiman Ebdi. 2009. Nirmana”Dasar-dasar Seni dan Desain, Yogyakarta Jalasutra Anggota IKPI.

Sachari, Agus. 2007. Desain Kemasan, Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai

Sachari, Agus, Seni Desain dan Teknologi, Antologi Kritik, Opini dan Filosofi, Kelompok Studi Desain dan Ilmu-ilmu Estetika, FSRD-ITB, Penerbit Pustaka, 1986

Published
2024-12-05
How to Cite
Munawarah, P. A., Septika, B. H., Setianingsih, T., Utama, I. M. P., & Zulkarnaen, L. P. (2024). Pelatihan Seni Grafis Bagi Remaja Desa Jati Sesela Lombok Barat dalam Mendukung Program Kewirausahan. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 38-43. https://doi.org/10.35746/bakwan.v4i2.614
Section
Articles