Tantangan Integritas dan Sportivitas dalam Seleksi CASN Formasi Dosen Tahun 2023
Abstract
Penerimaan Calon Aparatur Negeri Sipil (CASN) formasi dosen tahun 2023 kembali dibuka. Untuk lolos di semua tahapannya, pendaftar harus berusaha dengan penuh integritas dan sportivitas agar dapat lolos sampai tahap akhir, yaitu diterima di formasi yang dilamar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan motivasi untuk bersikap penuh integritas dan sportivitas peserta Calon Aparatur Negeri Sipil formasi dosen tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) secara daring melalui zoom meeting. Materi motivasi disampaikan oleh 5 orang dosen PNS dari berbagai perguruan tinggi negeri yang berpengalaman sebagai peserta seleksi CPNS tahun 2021 dengan latar belakang pengalaman kerja yang berbeda-beda. Selain itu, diskusi ini dipandu oleh seorang dosen lainnya sebagai moderator. Peserta yang hadir dalam FGD ini berjumlah 246 orang dengan rata-rata kehadiran yaitu 230 orang. Selain mendengarkan pemaparan materi, peserta diperkenankan bertanya melalui kolom komentar (chat) dan menjadi salah satu bahan diskusi saat FGD ini. Berdasarkan pemaparan materi dan diskusi dapat disimpulkan bahwa peserta CASN formasi dosen 2023 perlu percaya diri dengan kemampuan diri sendiri, fokus pada pengembangan diri, membuat kelompok belajar yang kondusif, banyak berlatih untuk setiap jenis tahapan tes, dan aktif mengikuti informasi dan regulasi dari laman resmi.
References
Dwi, Andika. 2023. 14 Instansi dengan Tingkat Persaingan CPNS 2023 Terberat, Cek Peluang Lolosnya. https://bisnis.tempo.co/read/1785014/14-instansi-dengan-tingkat-persaingan-cpns-2023-terberat-cek-peluang-lolosnya
Febryan. 2021. BKN Respons Dugaan Kecurangan Dongkrak Nilai CPNS Dosen. https://news.republika.co.id/berita/r4rlhb428/bkn-respons-dugaan-kecurangan-dongkrak-nilai-cpns-dosen
Fitriah, A. A. (2021). Hubungan Antara Persepsi Anak Terhadap Harapan Orang Tua Dengan Pengambilan Keputusan Karier Untuk Menjadi PNS [PhD Thesis]. Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Heriyanto, H., & Sulaiman, S. (2020). Pelatihan Peningkatan Skill dan Pengetahuan dalam Menghadapi Tes Seleksi CPNS 2020 di Kota Pontianak. Jurnal Abdidas,1(5), 318–324
Julaiha, Siti. 2021. Pengambilan Keputusan dalam Tata Kelola Dosen di Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers
Kusumawardani, N. P. A., Echdar, S., & Badaruddin. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Komunikasi dan Penempatan Pegawai terhadap Kinerja ASN pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Manokwari. Journal of Applied Management and Business Research (JAMBiR), 1(3). http://www.al-idarahpub.com/index.php/jambir
Pandengkalu, R. P., Ratu, K., Sampetoding, E. A., & Manapa, E. S. (2021). Implementasi dan Sosialisasi Pengelolaan Daftar Hadir Siswa Di SMK Negeri 5 Talaud Kelas 12 RPL Secara Terkomputerisasi. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 2(1), 6-12
Sampetoding, E. A., Paninggaran, I., Pongtambing, Y. S., Manapa, E. S., & Kalalinggi, S. Y. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar dan Try Out SBMPTN di SMAK Rantepao Toraja Utara oleh PMTI. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 3(2), 81-87
Sari, Amelia Rahima. 2023. Jumlah Pelamar CASN 2,4 Juta, Menteri Anas Pastikan Seleksi Transparan dan Akuntabel. https://bisnis.tempo.co/read/1785007/ jumlah-pelamar-casn-24-juta-menteri-anas-pastikan-seleksi-transparan-dan-akuntabel
Sriwahyuni, E., Zamista, A. A., & Dirsa, A. (2022). Pendampingan Persiapan Tes SKB CPNS Dosen (Paham tentang Tridharma Perguruan Tinggi sejak Mula). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 277. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5492
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
https://www.kopertis12.or.id/wpcontent/uploads/2015/01/permendikbud_tahun2014_nomor139_lampiran.pdf
Copyright (c) 2023 Ani Novitasari, Siti Pitrianti, Yulita Sirinti Pongtambing, Nurhaflah Soraya, Dewi Atriani, Arini Anestesia Purba, Avi Sunani, Sabrina Wardatul Jannah Husain, Esther Sanda Manapa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.