Pelatihan Cara Menggunakan Studio Belajar Bagi Siswa MA Anshor Beber sebagai Sarana Belajar Mandiri

  • Baiq Rina Amalia Safitri Universitas Pendidikan Mandalika
  • Muhammad Fuaddunazmi Universitas Pendidikan Mandalika
Keywords: handphone, studio belajar, direct instruction, siswa

Abstract

Pelatihan studio belajar di MA Anshor ini dimulai dengan mengadakan observasi di sekolah, ditemukan semua siswa memiliki handphone, namun tidak pernah digunakan sebagai sarana belajar, para siswa lebih menggunakan handphonenya untuk facebook, whatsaap, instagram dan saran media social lainnya, dengan kata lainnya handphone yang dimilikinya tidak digunakan untuk kegiatan yang mendukung pembelajaran, seperti salah satunya studio belajar dapat menjadi sarana belajar mandiri siswa. Pelatihan ini memiliki tujuan yakni adalah membantu siswa untuk mengenal sarana belajar, seperti salah satunya studio belajar. Maka penyaji ingin mengadakan pelatihan cara meninstal dan mengoprasikan aplikasi studio belajar bagi siswa dan siswi di MA Anshor Beber. Sehingga diharapkan dari pelatihan ini adalah siswa mengetahui cara menginstal dan mengoprasikan studio belajar siswa di MA Anshor Beber. Pelatihan dilakukan dengan metode direct instruction. Kegiatan awal yakni bagaimana cara menginstal aplikasi studio belajar, penyaji memberikan langkah-langkahnya dari mulai membuka play store sampai proses pengistalan selesai, penyaji memantau atau melihat satu per satu siswa, jika ada yang belum menginstal, maka penyaji mengajari ulang, sampai pengistalan berhasil. Penginstalan aplikasi studio belajar ini tidak membutuhkan akun google dan lain sebagainya, hanya membutuhkan hanphone android, sebagai sarana untuk menginstal aplikasi studio belajar. Pelatihan selanjutnya cara mengoprasian studio belajar. Hasil kegiatan pelatihan ini sesuai dengan tujuan pelatihan dan sesuai harapan yakni siswa dan siswi di MA Anshor Beber sudah menginstal Studio Belajar dan dapat mengoprasikan Studio Belajar.

References

Admin. (2023). 7 Dampak Positif Sekolah Online yang Penting untuk Anda Tahu. Retrieved 2022, from Sampoerna Academy : https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/7-dampak-positif-sekolah-online/

Alamsyah, I. E. (2023). Inilah 6 Aplikasi Belajar Online Gratis, Bisa Kamu Temukan di Android. Retrieved 2023, from Republika: https://news.republika.co.id/berita/rxu0b6349/inilah-6-aplikasi-belajar-online-gratis-bisa-kamu-temukan-di-android

Melpadia. (2020). STUDIO BELAJAR YANG NYAMAN BIKIN LEBIH MUDAH BELAJAR. Retrieved 2023, from Konsultan Pendidikan: ttps://konsultanpendidikan.com/2020/09/06/studio-belajar-yang-nyaman-bikin-lebih-mudah-belajar/

Novitasari, D. (2023). Jenuh Belajar? Coba Pakai Aplikasi Studio Belajar, Lengkap dan Gratis! Retrieved 2021, from Pendidikan dan Teknologi: https://www.kabarfajar.com/pendidikan-teknologi/pr-1131295485/jenuh-belajar-coba-pakai-aplikasi-studio-belajar-lengkap-dan-gratis

Nurhaerani. (2015). Pengaruh Model Direct instruction Berbasi Multimedia PhET Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Mataram: IKIP Mataram.

Sakti, d. (2012). Pengaruh model pembalajaran langsung (direct instruction) Melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap Minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA plus Negeri 7 kota Bengkulu. Jurnal Exacta .

Sinaga, D. (2023). Studio Belajar. Retrieved 2023, from Studio Belajar.com: https://www.studiobelajar.com/tentang/#:~:text=StudioBelajar.com%20merupakan%20startup%20yang,Indonesia%20yang%20kompeten%20di%20bidangnya.

StudioBelajar. (2023). Selamat Datang di StudioBelajar.com. Retrieved 2023, from Studio Belajar: https://www.studiobelajar.com/

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Indonesia: Kencana Prenada Media.

Zahriani. (2014). Kontektualisasi Direct instruction Dalam Pembelajaran Sains . Lantanida , 95-106.

Published
2023-12-15
How to Cite
Safitri, B. R. A., & Fuaddunazmi, M. (2023). Pelatihan Cara Menggunakan Studio Belajar Bagi Siswa MA Anshor Beber sebagai Sarana Belajar Mandiri. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92-95. https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i2.419
Section
Articles