Penguatan Konsep Matematika Berbasis Geometri pada Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah di Kota Mataram

Authors

  • Nuzla Af'idatur Robbaniyyah Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Tri Maryono Rusadi Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Abdurahim Abdurahim Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Lailia Awalushaumi Program Studi Matematika Universitas Mataram
  • Muhammad Rijal Alfian Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Andika Ellena Saufika Hakim Maharani Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Rio Satryantara Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Syamsul Bahri Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Marwan Marwan Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Bulqis Nebula Syechah Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Salwa Salwa Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Shendy Arya Kusuma Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Lalu Muhammad Faiz Zikri Program Studi Matematika, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.35746/bakwan.v5i2.871

Keywords:

geometri, problem solving, pedagogik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi guru MTs dalam mengajarkan materi geometri dan penerapan pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Fokus kegiatan adalah pada pendalaman filosofi dan konsep dasar geometri, serta pelatihan penerapan problem solving dalam pembelajaran. Pada pelatihan penguatan konsep geometri, peserta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai makna konseptual di balik sifat-sifat bangun datar dan ruang, relasi antar-teorema, serta relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan lebih dari 80% peserta mampu memahami filosofi konsep geometri dan mengaitkannya dengan strategi pembelajaran. Sementara itu, melalui pelatihan problem solving, guru dilatih untuk mengenali tahapan pemecahan masalah mulai dari memahami persoalan, merancang strategi, melaksanakan solusi, hingga merefleksi hasil. Sebanyak 70% peserta berhasil menyusun perangkat pembelajaran berbasis problem solving yang aplikatif di kelas. Efektivitas kegiatan ini juga ditunjukkan melalui hasil pre-test dan post-test, di mana seluruh peserta mengalami peningkatan pemahaman, dengan beberapa mencapai peningkatan skor hingga 75 poin. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan pemahaman konseptual guru terhadap geometri, keterampilan pedagogik berbasis problem solving, serta kepercayaan diri dalam mengajar matematika secara lebih bermakna dan kontekstual.

References

Alfian, M.R., Awalushaumi, L., Marwan, Bahri, S., Syechah, B.N., dan Robbaniyyah, N.A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Bidang Matematika Siswa Madrasah Aliyah Manhalul Ma’arif Darek Lombok Tengah Berdasarkan Analisis Data Pisa. Jurnal Pepadu, Vol. 4 (2): 309-313. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i2.2641

Bahri, S., Aini, Q., Awalushaumi, L. dan Susanto M. (2020). Penguatan dan Penerapan Paradigma Problem Solving Metode Polya dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah, Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, Vol. 7 (2): 113 – 120. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v7i2.274

Garet, M. S., Heppen, J. B., Walters, K., Parkinson, J., Smith, T. M., Song, M., Garrett, R., Yang, R., Borman, G. D., & Wei, T. E. (2016). Focusing on Mathematical Knowledge: The Impact of Content-Intensive Teacher Professional Development. National Center for Education Statistics. https://eric.ed.gov/?id=ED569154

Hiebert, J. & Grouws, D. A. (2007). The effects of classroom mathematics teaching on students' learning. In F. K. Lester (Ed.), Second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (hlm. 371–404). Charlotte, NC: Information Age Publishing. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=1902570

Jauhari, M. (2015). Hermeneutics in Teaching and Learning Mathematics: Revitalising Mathematics Education. ASM Science Journal, 9(2): 1–8.

Lester, F. K. Jr. (2013). Thoughts about research on mathematical problem-solving instruction. The Mathematics Enthusiast, 10(1-2), Article 12, hlm. 245–278. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1267.

Nissa, I. C. dan Kinasih, I.P. (2014). Analisis Kemampuan Problem Solving Guru Matematika SMP Berstandar PISA sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. LPPM IKIP Mataram.

Peraturan Meneteri Pendidikan Nasional Nomer 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Robbaniyyah, N.A., Wirendra, L.R., Anggara, R., Alfian, M.R., Bahri, S., Awalushaumi, L., Syechah, B.N., Marwan, Wardhana, IG.A.W. (2024). Penguatan Konsep Matematika Berbasis Sketsa Geometri di SMA Negeri 1 Selong. Jurnal Pepadu, Vol. 4 (4):530 – 535. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i4.3594

Siboro, A.M., Syechah, B.N., Putri, D.E., Maulana, F., Wardhana, I.G.A.W., Irwansyah, Awalushaumi, L., Ghoffari, L.H., Wirendra, L.R., Husni, M.N., Purnamasari, N.A., Robbaniyyah, N.A., Salwa, Aini, Q., Awanis, Z.Y. (2023). Pengenalan Teori Permainan dan Statistika Dasar ke Siswa SMAN 1 Selong dengan Pendekatan MSJ. Jurnal Unram, Vol.2 (2): 76-80. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i2.2893

Siswono, T. Y.E. (2010). Profesi Guru “Matematika” dan Problematika yang Dihadapi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Syechah, B.N., Marwan, Bahri, S., Awalushaumi, L. dan Alfian, M.R. (2021). Pengembangan Soal-Soal Berbasis Hots di Pondok Pesantren Attamimy Brangsak Praya. Prosiding PEPADU 2021, Vol. 3: 55 - 6. https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingpepadu/article/view/375.

Downloads

Published

2025-10-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Robbaniyyah, N. A., Rusadi, T. M., Abdurahim, A., Lailia Awalushaumi, Alfian, M. R., Maharani, A. E. S. H., Satryantara, R., Bahri, S., Marwan, M., Syechah, B. N., Salwa, S., Kusuma, S. A., & Zikri, L. M. F. (2025). Penguatan Konsep Matematika Berbasis Geometri pada Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah di Kota Mataram. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 199-207. https://doi.org/10.35746/bakwan.v5i2.871

Most read articles by the same author(s)