Pengembangan Skill Masyarakat dalam Peningkatan Ekonomi secara Digital
Abstract
Salah satu bentuk usaha dalam masyarakat yang banyak ditemui adalah perdagangan atau jual beli. Fenomena usaha jual beli mengalami perubahan yang sangat besar seiring dengan perkembangan teknologi informasi terutama perkembangan internet. Awalnya penerapan teknologi informasi dalam jual beli online dilakukan melalui promosi dengan webiste. Namun sejak munculnya media sosial Facebook di tahun 2006, promosi tidak hanya melalui internet saja namun juga media sosial. Perkembangan selanjutnya, promosi tidak hanya melalui media sosial namun juga melalui platform-platform yang secara khusus digunakan untuk jual beli secara online. Melihat hal ini perlu suatu upaya untuk peningkatan kemampuan masyarakat dalam penerapan teknologi informasi yang dapat membantu dalam jual beli secara online.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam memperkenalkan proses jual beli secara online atau promosi secara digital. Lebih lanjut, pelatihan dengan praktek secara langsung juga dilakukan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah menciptakan masyarakat yang melek terhadap teknologi informasi dan mampu berusaha secara mandiri untuk melakukan promosi serta jual beli secara online.
References
NTB, P. P. (2020) Jumlah UMKM Berdasarkan Jenisnya Menurut Kabupaten Kota Tahun 2020. Available at: https://data.ntbprov.go.id/dataset/umkm-berdasarkan-jenisnya (Accessed: 6 September 2023).
PEREKONOMIAN, K. K. B. and INDONESIA, R. (2021) UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Available at: https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia.
Social, W. are (2023) Digital 2023. Available at: https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/.
Techinasia (2016) Indonesia Ternyata Pengguna Instagram Terbanyak Ketiga di Dunia.
Tengah, K. L. (2023) Jumlah Koperasi Aktif Menurut Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2021. Available at: https://data.lomboktengahkab.go.id/dataset/jumlah-koperasi-aktif-menurut-kecamatan-di-kabupaten-lombok-tengah (Accessed: 6 September 2023).
Trias, A. (2017) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaam Customer Di Samarinda’, eJournal Ilmu Komunikasi, 5(1).
Copyright (c) 2023 Neny Sulistianingsih, Galih Hendro Martono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.