Optimasi Pembelajaran Kimia Melalui Peningkatan Pemahaman Bersama Dan Pendampingan Bagi Guru Mgmp Kimia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Lumajang
Abstract
Artikel pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimasi pembelajaran kimia melalui peningkatan pemahaman bersama dan pendampingan bagi para guru MGMP Kimia dalam implementasi kurikulum merdeka di Kabupaten Lumajang. Kurikulum merdeka memberikan kebebasan bagi guru dalam menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa. Namun, kendala seperti keterbatasan akses informasi, sarana, prasarana, dan minimnya kolaborasi antar guru dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran kimia. Tim pengabdian Departemen Kimia FMIPA UM melakukan analisis kebutuhan dan tantangan yang dihadapi para guru MGMP Kimia Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua bulan. Berdasarkan hasil analisis, dilakukan program pendampingan dan pelatihan yang fokus pada pemahaman bersama tentang kurikulum merdeka dan penerapannya dalam pembelajaran kimia. Program ini melibatkan kegiatan pelatihan, diskusi, observasi, dan pemberian feedback yang berkesinambungan. Selain itu, tim pengabdian juga memberikan dukungan dalam menyusun dan mengoptimalkan sumber daya pembelajaran kimia. Sumber daya ini berupa modul pembelajaran, materi presentasi, dan bahan ajar interaktif lainnya yang dapat meningkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran kimia. Hasil dari pelaksanaan program dievaluasi untuk mengukur dampak dan efektivitas kegiatan pengabdian. Artikel ini berharap dapat memberikan panduan bagi para pendidik dan peneliti untuk meningkatkan kualitas pendidikan kimia di Kabupaten Lumajang. Diharapkan, pengabdian ini dapat berkontribusi positif dalam mendukung pembangunan pendidikan yang lebih baik dan inovatif di daerah tersebut.
References
Diah Ayu Saraswati et al. (2022) ‘Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka’, Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), pp. 185–191. Available at: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578.
Fauzi, A. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar)’, Jurnal Pahlawan, 18(2), pp. 18–22.
Hutabarat, H., Elindra, R. and Harahap, M.S. (2022) ‘Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan’, Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), pp. 58–69. Available at: http://journal.ipts.ac.id/index.php/.
Indriani, A., Suryadharma, I.B. and Yahmin , Y. (2017) ‘Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Dalam Memahami Kesetimbangan Kimia’, J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), pp. 9–13. Available at: https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p009.
Irawati, D. et al. (2022) ‘Merdeka belajar curriculum innovation and its application in education units’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), pp. 2506–2514. Available at: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/4603.
Isna Lukman and Andi Ulfa (2020) ‘Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android’, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), pp. 157–164. Available at: https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p157.
Kamisah, zanaton, L. (2007) ‘Sikap terhadap Sains dan Sikap Saintifik di kalangan Pelajar Sains’, Jurnal Pendidikan, 32, pp. 39–60.
Mulyaningsih, N.N. and Saraswati, D.L. (2017) ‘Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker’, JPF Jurnal Pendidikan Fisika, V(1), pp. 25–32.
Sartika, R.P. and Hadi, L. (2021) ‘The improvement of students’ conceptual understandings through the PQ4R aided the 5E learning cycle model on the topic of salts hydrolysis’, Journal of Physics: Conference Series, 1788(1). Available at: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012036.
Setiawan, N.C.E. et al. (2020) ‘Pengenalan STEM ( Science , Technology , Engineering , and Mathematics ) dan Pengembangan Rancangan Pembelajarannya untuk Merintis Pembelajaran Kimia dengan Sistem SKS di Kota Madiun Introduction to STEM ( Science , Technology , Engineering , and Mathemat’, 5(2), pp. 56–64.
Tri Astuti, R. and Marzuki, H. (2018) ‘Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa Sma’, Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), pp. 22–27. Available at: https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862.
Zuhroti, B., Marfu’ah, S. and Ibnu, M.S. (2018) ‘Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam-Basa’, J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(2), pp. 44–49. Available at: https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p044.
Copyright (c) 2023 Sutrisno Sutrisno, Munzil Munzil, I Wayan Dasna, Husni Wahyu Wijaya, Nur Candra Eka Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.