Pendampingan Penulisan Proposal Bidang Riset Eksakta pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa
Abstract
Kurangnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam penyusunan proposal riset eksakta pada Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan Pengabdian. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam penulisan proposal bidang riset eksakta pada Pekan Kreativitas Mahasiswa. Subjek dalam kegiatan pengabdian ini adalah 10 orang mahasiswa Fakultas Sains Teknik dan Terapan (FSTT) Universitas Pendidikan Mandalika. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan dua metode, yaitu knowledge transfer dan Model Community Development, dengan tahapan perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian secara umum dapat dikatakan berhasil, terbukti dengan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam pembuatan proposal, serta respon mahasiswa terhadap kegiatan pengabdian yang sangat baik. Kegiatan-kegiatan ilmiah seperti ini harus menjadi bagian dari akademik sebagai upaya meningkatkan literasi ilmiah mahasiswa, sehingga mereka ke depannya mampu menyusun proposal pada kegiatan PKM.
References
Aminuddin, M. (2020) ‘Efektifitas Metode Ceramah Dan Metode Leaflet/Brosur Terhadap Tingkat Pemahaman Ibu-Ibu Post Partum Tentang Asi Ekslusif’, Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 1(2), pp. 96–103. Available at: https://doi.org/10.30872/j.kes.pasmi.kal.v1i2.3584.
Andiani, F. (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 28 SATAP SALENRANG MAROS. diploma. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Available at: http://eprints.unm.ac.id/14651/ (Accessed: 4 July 2023).
Anisah, K. and Ashoumi, H. (2020) ‘PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN’, JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(6), pp. 13–20.
Asy’ari, M. et al. (2022) ‘Pelatihan Reference Managemenet Software (RMS) Zotero dalam pengelolaan Sumber Rujukan Penelitian’, Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), pp. 417–431.
Daniel, F. and Taneo, P.N.L. (2019) ‘ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA’, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), p. 79. Available at: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.956.
Ilmiah, W.O.Z., Munirah and Syakur, A. (2022) ‘Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Mengapresiasi Cerpen pada Siswa Sekolah Dasar’, JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), pp. 199–204. Available at: https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i3.378.
Jatmiko, S.W., Romanda, F. and Hidayatulloh, M.A.A. (2018) ‘PENGARUH PENYULUHAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PENYAKIT TUBERKULOSIS’, Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian dan Pengembangan, 2(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i1.30.
Kusumawardana, A.S. and Dintarini, M. (2021) ‘Analisis interpretasi matematis dalam mini riset mahasiswa melalui pembelajaran berbasis riset’, JINoP (Jurnal Inovasi Pemebelajaran), 7(1), pp. 102–114.
Mardhiyana, D. and Sejati, E.O.W. (2016) ‘Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah’, PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp. 672–688.
Merona, S.P. (2017) ‘KOMBINASI TUTORIAL DENGAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DI PERGURUAN TINGGI’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 153–162. Available at: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.302.
Michael, T. (2019) ‘PENINGKATAN SOFT SKILL PROPOSAL PENELITIAN BAGI MAHASISWA NUSA TENGGARA TIMUR’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), p. 34. Available at: https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1336.
Movitaria, M.A., Delvia, M. and Ridha, A. (2023) ‘Pelatihan Penyusunan Proposal Guna Meningkatkan Pemahaman Metode Penelitian Bagi Mahasiswa’, Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 6(1), pp. 32–37.
Pudjiastuti, S.R., Ilis, N. and Ati, H.M. (2020) ‘PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN GLOBALISASI’, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), pp. 133–138. Available at: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.3010.
Putri, D. and R, S. (2019) ‘KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PARIAMAN’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), pp. 62–69. Available at: https://doi.org/10.24036/103915-019883.
Saharuddin, S. et al. (2022) ‘Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Malikussaleh’, Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 1(1), pp. 1–5. Available at: https://doi.org/10.29103/jpes.v1i1.8180.
Tampubolon, T. et al. (2022) ‘Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks’, JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(02), pp. 229–238. Available at: https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i02.1863.
Wicaksa, A. (2019) ‘Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah’, PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 8–16. Available at: https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2690.
Zuleni, E. and Marfilinda, R. (2022) ‘Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa’, Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), pp. 244–250. Available at: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34.
Zuriati, D. (2017) ‘KESULITAN MENULIS PROPOSAL PENELITIAN OLEH MAHASISWA STIBA PERSADA BUNDA PEKANBARU’, Menara Ilmu, 11(74). Available at: https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.71.
Copyright (c) 2023 Hunaepi Hunaepi, Soemardiawan Soemardiawan, Aminullah Aminullah, I Ketut Sukarma, Mashur Mashur, Irham Azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.