PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA PTI GUNA MEMBENTUK CALON GURU YANG PROFESIONAL

  • Baiq Rina Amalia Safitri UNDIKMA
  • Pahriah Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Mandalika
  • Wirawan Putrayadi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Mandalika

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat video pembelajaran bagi mahasiswa atau calon guru, guna untuk mendukung keahliannya dalam mengajar, sehingga diharapkan nantinya menjadi guru yang profesional  merupakan tujuan dari pelatihan ini. Pelatihan dilaksanakan di fakultastas sains, teknik dan terapan (FSTT) bagi mahasiswa PTI. Materi yang disampaikan dalam pelatihan yakni bandicam dan canva, capcut. Setelah diberikan materi dengan diajarkan secara step by step kemudian para mahasiswa membuat video sendiri, bias menggunakan aplikasi bandicam dan pengeditan menggunakan canva, capcut. Tahap selanjutnya yakni presentasi video yang sudah dibuat, dan selanjutnya tahap evaluasi dengan memberikan penilaian terhadap hasil karya mahasiswa tersebut. Kesimpulan dari pelatiahan ini, untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat video pembelajaran yang dilakukan step by step bertujuan untuk menghindari ketidakpahaman mahasiswa pada setiap langkah pembuatan video, dengan begitu  mahasiswa akan lebih mudah mengerti dan mengaplikasikannya, sehingga mahasiswa berhasil menghasilkan hasil karya video pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Doyan, A., Susilawati, Zuhdi, M., Taufik, M., Gunada, I. W., & Mustofa, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNRAM. Unram Journal of Community Service , 89-94.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 9-14.
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS , 61-67.
Herayanti, L., Safitri, R. A., Sukroyanti, B. A., & Putrayadi, W. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURUDI SDN 1 UBUNG DENGAN MEMANFAATKAN BANDICAM. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat , 495-501.
Hidayatullah, Priyanto, A. A., & Rahim, Z. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika Bandung.
Nurmaidah, C. D., Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr :Jurnal Pemikiran dan Pencerahan , 118-127.
Puspita, R. M. (2020). Tantangan Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Step by Step Siswa SD di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved 2022, from https://www.scholae.co/web/read/2801/tantangan.pembelajaran.matematika.menggunakan.meto#:~:text=Metode%20yang%20di%20gunakan%20oleh,di%20ajarkan%20oleh%20guru%20di
Published
2023-07-09
How to Cite
Baiq Rina Amalia Safitri, Pahriah, & Wirawan Putrayadi. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA PTI GUNA MEMBENTUK CALON GURU YANG PROFESIONAL. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 55-59. https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i1.342
Section
Articles