Author Guidelines

Download : Template JTIM

1. JTIM menerima artikel hasil penelitian atau kajian pustaka dalam bidang Teknologi Informasi dan Multimedia yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Times New Roman, font size 10, menggunakan kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan batas atas 1,9 cm; bawah 3,25 cm; kiri-kanan 1,43 cm. 
2. Naskah dikirim online melalui OJS JTIM di https://journal.sekawan-org.id/index.php/jtim
3. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/diketik pada OJS pada saat mengisi "authors' pada proses submit artikel.
4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 3 ketukan.
5. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul (Indonesia dan Inggris), Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Referensi.
6. Judul Artikel tidak lebih dari 14 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 20 pt REGULER (Indonesia) dan 18 pt (Inggris) ITALIC.
7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 12 pt Regulaer. Afiliasi penulis harus dalam Reguler 11 pt font. Alamat email harus dalam Italic 10 pt font.
8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci (ditulis alfabetik), menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 9 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 200-300 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
9. Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul.
10. Metodologi berisi tentang memformulasikan permasalahan yang diteliti dengan lebih rinci (sedapat mungkin ditulis secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan.
11. Hasil dan Pembahasan yang berisi tentang menyampaikan pengujian yang dilakukan dan menganalisis hasil. 
12. Kesimpulan berisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan dideskripsikan dalam paragraf, tidak menggunakan numbering atau bullet.
13. Ucapan Terima Kasih berisi ucapan terima kasih penulis atas selesainya penelitian.
14. Referensi hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Penulisan referensi mengikuti aturan IEEE Style, seperti contoh berikut:
1] M. Negnevitsky, “Fuzzy expert systems,” Artif. Intell. A Guid. to Intell. Syst., pp. 87–129, 2011
[2]M. Yunus, “PENERAPAN FUZZY EXPERT SYSTEM UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT TELINGA, HIDUNG DAN TENGGOROKAN (THT),” Matrik J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 15, no. 1, pp. 51–53, 2015
[3] A. Adeli and M. Neshat, “A Fuzzy Expert System for Heart Disease Diagnosis,” Proc. Int. MultiConference Engineeers Comput. Sci., vol. I, pp. 1–6, 2010
[4] Jonathan M. Garibaldi, “Fuzzy expert systems,” pp. 1–27, 1991
[5] S. Das and P. K. Ghosh, “Hypertension Diagnosis : A Comparative Study using Fuzzy Expert System and Neuro Fuzzy System,” IEEE Int. Conf. Fuzzy Syst., no. 2005, pp. 1–7, 2013.

16. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan IEEE Style.
17. Menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
18. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel pada JTIM.
19. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
20. Penulis melampirkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah ketika submit artikel.
21. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.

Submission Preparation Checklist
Penulis diwajibkan memperhatikan hal-hal berikut sebelum melakukan pengajuan/submit artikel ke JTIM :
1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
2. Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada JTIM.
3. Referensi yang dibuat hanya sumber-sumber yang menjadi rujukan dalam naskah (Minimal 5 referensi)
4. Pengutipan dan penulisan referensi sudah dikelola menggunakan Reference Manager (Mendeley atau lainnya)
5. Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada JTIM
6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.
7. Penulis bersedia melampirkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah ketika submit artikel.

Privacy Statement
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan diberikan kepada pihak lain.