Analisis Kadar Pb dan Cd dalam Rambut Masyarakat pada Wilayah Tambang Batubara Kalimantan

  • Mely Purna Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata
  • Mardiana Prasetyani Putri Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata
  • Lia Nur Azizah Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata
Keywords: Tambang Batubara, Pd dan Cd, Jarak, Rambut

Abstract

Debu yang dihasilkan dari proses tambang batubara yang mengandung logam berat seperti Pb dan Cd. Pb dan Cd yang diserap akan diangkut oleh darah dan kemudian akan diedarkan ke organ tubuh. Beberapa Pb dan Cd akan menumpuk di jaringan lunak (hati, ginjal, dan otak), jaringan keras (tulang, gigi, rambut, dan kuku) dan yang lainnya akan dikeluarkan oleh urin, feses, dan keringat. Karena itu, masyarakat di sekitar tambang batubara memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk terpapar logam Pb dan Cd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar Pb dan Cd pada rambut masyarakat berdasarkan kota asal lokasi tambang batubara distric. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan 16 sampel di mana 15 sampel sebagai objek penelitian dan 1 sampel sebagai kontrol. Tingkat Pb tertinggi pada rambut adalah 0,146 ppm yang terletak pada 1-5 km dari tambang batubara, sedangkan tingkat Pb terendah pada rambut adalah 0,036 ppm yang terletak pada 5-10 km dan >10 km dari tambang batubara. Sedangkan kadar Cd tertinggi pada rambut adalah 0,019 ppm yang terletak pada jarak 1-5 km dan 5-10 km dari tambang batubara, sedangkan tingkat Pb terendah pada rambut adalah 0,011 ppm yang terletak pada >10 km dari tambang batubara. Hasil yang didapat dilakukan oleh analitik Kruskal Wallis. Dan kemudian hasil dari penggunaan analitik Kruskal Wallis untuk mengetahui kadar Pb dan Cd pada rambut untuk mengetahui jarak 1-5 km, 5-10 km dan > 10 km dari lokasi tambang batubara. Hasil uji selanjutnya (Tukey test) menunjukkan ada perbedaan kadar Pb dan Cd pada rambut masyarakat yang menandakan jarak 1-5 km dalam jarak > 10 km dan kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kadar Pb dan Cd pada rambut masyarakat berdasarkan kota asal lokasi tambang batubara distrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat. 2005. Status Lingkungan Hidup Provisi Jawa Barat.

Gusnita, Dessy. 2012. Pencemaran Logam Berat Timbal (Pb) dan Upaya Penghapusan Bensin Bertimbal. LAPAN.

Greenpeace. 2010. Batubara Mematikan Bagaimana Masyarakat Indonesia Membayar Mahal Untuk Bahan Bakar Terkotor di Dunia. greenpeace.org/seasia.

Kubova, J., Stersko, V., Meved, J., & Polakovicova, J. 1994. Analysis of Human Hair-Realiabel Tool for Monitoring of Contaminatoin of Environmental Exposure. Acta Environmetalica Universitas Comenianea.

Monachese, Marc., Burton, Jeremy P., & Reid, Gregor. 2012. Bioremediation and Tolerance of Humans to Heavy Metals throught Microbial Process: a Potential Role for Probiotics?. American Society for Micobiology.

Nowak, Barbara., &Jadwiga Chmielnicka. 2000. Relationship of Lead and Cadmium to Essential Elements in Hair, Teeth, and Nails of Environmentally Exposed People. Academic Press.

Pettrucci, R. H. 1982. General Chemistry (3 rd ed). New York: Mc. Millan.Publishing Co.

Soeswanto, Bambang. 2011. Pengaruh Parameter Proses Pada Pemungutan Kembali Silika Dari Abu Batubara. Master thesis. Universitas Diponegoro.

Sri, Saeni Muchamad. 1997. Penentuan Tingkat Pencemaran Logam Berat Dengan Analisa Rambut. FMIPA ICD.

Subramanian KS. 1996. Determination of metals in biofluids and tissues: sample preparation methods for atomic spetroscopic techniques.Spectr ochim Acta Part B.

Suryati, 2011. Analisa Kandungan Logam Berat Cd dan Cu dengan Metode SSA (Spektrofotometri Serapan Atom) Terhadap Ikan Baung (Hemibagrus nemurus) di Sungai Kampar Kanan Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Varica, D., Tamburo, E., Milia, N., Vallascas, E., Cortimiglia, V., De Gludici, G., Dongarra, G., Sanna, E., Monna, F., & Losno, R.2014. Metals And Metalloids In Hair Samples Of Children Living Near The Abandoned Mine Sites Of Sulcis-Inglesiente (Sardinia, Italy). Environmental Research.

World Health Organization. 1992. Environmental Health Criteria 134-Cadmium. World Health Organization.

Yapici, Gulcin., Gunay Can., Ali Rıza Kiziler., Birsen Aydemir., Ismail Hakki Timur., &Ayse Kaypmaz. 2006. Lead and cadmium exposure in children living around a coal-mining area in Yatagan, Turkey. Toxicology and Industrial Health.

Published
2024-01-23
How to Cite
Purna, M., Putri, M. P., & Azizah, L. N. (2024). Analisis Kadar Pb dan Cd dalam Rambut Masyarakat pada Wilayah Tambang Batubara Kalimantan. JSN : Jurnal Sains Natural, 2(1), 5-10. https://doi.org/10.35746/jsn.v2i1.474
Section
Articles