Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika

  • Dian Aryani Universitas Hamzanwadi
  • Surya Mayadi SMA Negri 1 Selong
  • Neny Endriana Universitas Hamzanwadi
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, lembar tes berupa Lembar Latihan Peserta Didik. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 80,5% menjadi 91,6% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35391

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Dahlia, A., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh Interactive Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Penjumlahan Operasi Hitung Bilangan Bulat. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 32–41. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30129

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2016).

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 11(1), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239

Nainggolan, B., & Mutiah, R. (2020). Pengajaran Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Macromedia Flash Hasil Pengembangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 71. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19403

Salmaa Ainun Susatyo, Rusmawa, & Kurniastuti, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa kelas 3 SD Negeri Gedongtengen. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP, 9(4), 405–414.

Siregar, W. D., & Simatupang, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 91. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19571

Sukirman, & Solikin, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keaktifan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Viokasi Otomotif, 2(2), 49–60. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33603

Published
2023-08-27
How to Cite
Aryani, D., Mayadi, S., & Endriana, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. JSN : Jurnal Sains Natural, 1(3), 70-75. https://doi.org/10.35746/jsn.v1i3.388
Section
Articles