Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, lembar tes berupa Lembar Latihan Peserta Didik. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 80,5% menjadi 91,6% pada siklus II.
Downloads
References
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35391
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Dahlia, A., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh Interactive Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Penjumlahan Operasi Hitung Bilangan Bulat. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 32–41. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30129
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2016).
Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 11(1), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239
Nainggolan, B., & Mutiah, R. (2020). Pengajaran Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Macromedia Flash Hasil Pengembangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 71. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19403
Salmaa Ainun Susatyo, Rusmawa, & Kurniastuti, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa kelas 3 SD Negeri Gedongtengen. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP, 9(4), 405–414.
Siregar, W. D., & Simatupang, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 91. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19571
Sukirman, & Solikin, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keaktifan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Viokasi Otomotif, 2(2), 49–60. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33603
Copyright (c) 2023 Dian Aryani, Surya Mayadi, Neny Endriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.